DEFINISI
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antar muka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut.Nama awal dari TUI adalah Graspable User Interface (GUI), yang tidak
lagi digunakan. Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara
sistem dan cara anda mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna
yang mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke
perilaku yang mereka picu pada sistem.
Salah satu pionir dalam user
interface yang nyata adalah Hiroshi Ishii , seorang profesor di MIT Media
Laboratory yang memimpin Grup Berwujud Media. Visi tertentu Nya bagi UIS nyata,
yang disebut Bits Tangible, adalah memberikan bentuk fisik ke informasi
digital, membuat bit secara langsung dimanipulasi dan mencolok. Orang-orang
telah mengembangkan keterampilan canggih untuk merasakan dan memanipulasi
lingkungan fisik mereka. Namun, sebagian besar keterampilan ini tidak digunakan
dalam interaksi dengan dunia digital saat ini. Interaksi dengan informasi
digital saat ini sebagian besar terbatas pada Graphical User Interface
(GUI).Dengan keberhasilan komersial Apple Macintosh dan Microsoft Windows, GUI
telah menjadi paradigma standar untuk Human Computer Interaction (HCI) hari
ini. GUI merupakan informasi (bit) dengan piksel pada layar bit-dipetakan.
Mereka representasi grafis yang
dapat dimanipulasi dengan remote controller generik seperti mouse dan keyboard.
Dengan representasi decoupling (piksel) dari kontrol (perangkat input) dengan
cara ini, GUI memberikan kelenturan untuk meniru berbagai media grafis. Namun,
ketika kita berinteraksi dengan dunia GUI, kita tidak bisa mengambil keuntungan
dari ketangkasan kita atau memanfaatkan keterampilan kita untuk memanipulasi
berbagai benda-benda fisik seperti manipulasi blok bangunan atau kemampuan
untuk membentuk model dari tanah liat.
KARAKTERISTIK
1.
Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi informasi digital.
2.
Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3.
Representasi fisik perseptual digabungkan untuk secara aktif ditengahi
representasi digital.
4.
Keadaan fisik terlihat “mewujudkan aspek kunci dari negara digital dari sebuah
sistem.
Penerapan
Tangible User Interface
1.
Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling
sederhana adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan
pointer pada layar yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem
digital melalui manipulasi objek fisik. Gerakan yang dibuat dengan perangkat
tersebut memiliki hubungan yang jelas dengan perilaku yang dipicu sistem,
misalnya misalnya pointer bergerak naik ketika Anda memindahkan mouse maju.
Teknologi ini membuat menjadi sangat mudah untuk menguasai perangkat input
dengan bantuan sedikit koordinasi tangan dan mata.
2.
Siftables
Merupakan perangkat kecil dari proyek
awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk menyerupai batu bata kecil yang
mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah lebih dari satu dan mampu
berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain tergantung pada posisinya.
Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain berada di dekat mereka dan
bereaksi sesuai dengan permainan user.
3.
Reactable
Reactable adalah alat musik yang
dirancang dengan keadaan teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya)
untuk bereksperimen dengan suara dan menciptakan musik yang unik. Instrumen ini
didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set pucks dapat
ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka
pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain
dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop
sampel atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan
fleksibel. Begitu setiap keping ditempatkan di permukaan, keping itu diterangi
dan mulai berinteraksi dengan keping lain, menurut posisi dan kedekatannya.
Interaksi ini terlihat pada permukaan meja yang bertindak sebagai layar,
memberikan umpan balik instan tentang apa yang sedang terjadi di Reactable,
mengubah musik ke dalam sesuatu yang terlihat dan nyata.
4.
Microsoft Surface
Merupakan sebuah teknologi dengan
layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan built
in system pada waktu yang sama. Yang menjadi perhatian adalah hal tersebut
bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi teknologi ini juga dapat mengenali
objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat mengatur sendiri perilaku yang
terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita dapat memanipulasinya.
5.
Marble Answering Machine
Contoh lain dari Tangiable User
Interface adalah Marble Answering Machine (Mesin Penjawab Marmer) oleh Durrell
Uskup (1992). Marmer merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab.
Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.
6.
Sistem Topobo
Blok di Topobo seperti blok LEGO
yang bisa diambil bersama-sama, tetapi juga dapat bergerak sendiri menggunakan
komponen bermotor. Seseorang dapat mendorong, menarik, dan memutar blok-blok,
dan blok-blok bisa menghafal gerakan-gerakan ini dan mengulang kembali
gerakan-gerakan tersebut. Pelaksanaan lain memungkinkan pengguna untuk sketsa
gambar di atas meja sistem dengan pena yang nyata nyata. Menggunakan gerakan
tangan, pengguna dapat mengkloning gambar dan peregangan dalam sumbu X dan Y
hanya sebagai salah satu program yang akan di cat. Sistem ini akan
mengintegrasikan kamera video dengan sistem pengenalan isyarat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar